Blogger Karyawan Galau

Breaking

Monday, October 10, 2011

Cara menampilkan partisi hardisk yang tersembunyi

Bagi anda yang sering berkutat dengan masalah harrdisk dan data, mungkin software EASEUS Partition Manager bisa menjadi pilihan, karena selain menyediakan versi gratisan (walaupun ada yang bayar juga), software EASEUS Partition Manager memiliki fitur yang lumayan bagus. Anda bisa mengelola partisi harddisk anda tanpa harus kehilangan data. Fungsi yang diberikan EASEUS Partition Manager hampir sama dengan software Magic Partition yang harganya masih tinggi. Jadi software EASEUS Partition Manager sangat bisa menjadi alternatif anda dalam mempartisi harddisk tanpa harus repot dengan data yang ada didalamnya.
partisi
beberapa fitur yang diberikan oleh EASEUS Partition Manager adalah:
  1. Mengubah ukuran partisi (Resize) tanpa menghilangkan data. Untuk memperkecil ukuran partisi, maka harus mempunyai space kosong, sedangkan untuk memperbesar partisi, maka harus ada space kosong di partisi yang ada disampingnya.
  2. Disk Copy, fitur baru di versi 3.0. Fasilitas ini bermanfaat jika kita ingin mengganti hardisk yang berukuran kecil ke hardisk baru yang berukuran lebih besar, tanpa menginstall sistem operasi dan aplikasi yang ada didalamnya. Mendukung copy sector by sector dan juga copy file by file. Copy file by file akan jauh lebih cepat daripada sector by sector. Fitur ini dapat djalankan jika ukuran hardisk baru lebih besar atau sama dengan hardisk lama yang ingin dicopy. Jika ukuran lebih besar, maka sisanya bisa di format menyusul. Info lengkap Disk Copy
  3. Partition Copy, fitur ini hampir sama seperti Disk Copy, hanya saja untuk satu partisi, bukan keseluruhan hardisk.
  4. Membuat dan menghapus partisi dengan langkah yang sederhana. Untuk membuat partisi, klik kanan space yang kosong (belum dialokasikan) dan pilih Create. Untuk menghapus partisi (data akan hilang), juga bisa melalui menu klik kanan.
  5. Menyembunyikan partisi dan Menampikan kembali Partisi yang tersembunyi. fasilitas ini bermanfaat jika kita ingin partisi tertentu tidak ditampilkan (untuk mencegah akses pihak-pihak tertentu). Untuk menampilkan kembali klik hardisk yang disembunyikan dan pilih Unhide. Untuk memanfaatkanfitur ini, maka gunakan menu password di Program ( General > Set Password).
  6. Memformat Partisi hardisk.
  7. Mendukung Operating sistem Windows 2000, XP, Vista, dan Windows 7
  8. Bisa digunakan untuk Flashdisk, Hardisk PATA, SATA, STA II, SCSI,S-SATA Raid dan lainnya
Bagaimana ? Tertarik untuk mencoba atau menggunakannya ? Atau akan menjadi sebagai koleksi software gratisan anda ? Anda bisa mendownload software EASEUS Partition Manager versi terbaru melalui situs resminya. Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi  semua, terima kasih

Sumber

No comments: